Blog Blogging kali ini akan berbagi pengetahuan perihal memahami Indikator Penilaian
Alexarank, yang pada dasarnya menjadi penentu pe-ranking-an Alexa-rank.
Indikator penilaian Alexarank yang akan sedikit dibahas pada artikel
kali ini masih berputar pada dunia teorinya terlebih dahulu, sebatas
kemampuan yang saya miliki serta sedikit masukan dari para pakar SEO
(webmaster) yang telah menguraikan dalam beberapa artikelnya tentang
Alexarank sendiri. Sebelumnya saya mohon maaf bilamana di dalam
pembahasan nanti masih kurang memuaskan, tetapi hanya itulah kemampuan
saya yang masih bisa bagikan kepada anda sekalian.
Di dalam
artikel kupas tuntas Alexarank (pada blog yang lain), telah sedikit saya
singgung perihal dua indikator utama yang dipergunakan oleh Alexa untuk
menentukan tingkat reputasi suatu website/blog, yaitu berdasarkan
Alexa Traffic (Reach) dan
Alexa Pageviews.
Alexa
Traffic (Reach) berkaitan dengan total jumlah pengunjung (visitor) blog
kita yang tercatat di dalam server Alexa, tetapi jumlah pengunjung yang
tercatat tidak sepenuhnya sama dengan pengunjung yang secara real
(nyata) telah mengunjungi blog kita. Artinya apa ? Artinya, metode
pencatatan traffic yang diterapkan oleh Alexa pasti tidak akan
menghasilkan jumlah yang sama dengan pengunjung real atau murni blog
kita (berdasarkan indikator yang lain semacam Feedjit, Histats,
Whos-amung-us, Visitor counter dll), karena Alexa memiliki cara
tersendiri untuk menentukan serta menghitung pengunjung (visitor) sebuah
website/blog melalui Alexa toolbar maupun Alexa widget. Artinya apa ?
Pengunjung yang tidak memiliki Alexa toolbar pada browsernya ataupun
pengunjung melalui sebuah blog yang tidak memasang Alexa widget,
kemungkinan besar tidak akan diperhitungkan sebagai pengunjung blog oleh
Alexa. Tetapi mungkin juga akan dipertimbangkan sebagai unique-visitor.
Jadi dalam hal ini dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pengunjung yang
diperhitungkan oleh Alexa tidak semata-mata pengunjung yang benar-benar
datang dan mengunjungi blog kita (yang terdeteksi oleh widget-widget
visitor selain Alexa). Selanjutnya, pengunjung murni atau asli yang
memang benar-benar datang ke blog kita akan dipilah-pilah menjadi
pengunjung yang tercatat dalam pusat data (server) Alexa dan pengunjung
yang tidak tercatat dalam server Alexa.
Data Alexa Traffic untuk
semua alamat website yang telah tersimpan di dalam server Alexa
selanjutnya akan diolah untuk kemudian dibuatkan perankingan serta
diurutkan mulai dari yang tertinggi sampai dengan yang ter-rendah yang
akhirnya dianggap atau diperhitungkan sebagai Alexa Reach (Traffic).
Berikutnya,
indikator yang kedua adalah Alexa Pageviews yang berkaitan dengan
rata-rata jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung (visitor)
website/blog, tentunya hal ini tetap berkaitan dengan pengunjung
(visitor) yang tercatat di dalam server Alexa melalui Alexa Toolbar
ataupun Alexa Widget. Seorang pengunjung (visitor) yang berkali-kali
mengunjungi satu Url halaman website/blog yang sama akan tetap dihitung
sebagai satu kali pageviews oleh Alexa. Sebaliknya, bilamana pengunjung
yang datang membuka dua Url halaman yang berbeda, maka hal ini akan
dihitung sebagai 2 (dua) kali pageviews.
Sebagai ilustrasi adalah
Friendster.com yang memiliki rata-rata nilai Alexa pageviews sebesar
22, artinya setiap pengunjung (visitor) rata-rata membuka 22 kali
halaman yang berbeda untuk satu kali kunjungannya atau singkatnya setiap
pengunjung atau visitor selalu membuka 22 halaman baru (rata-rata).
Jadi dalam hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa Alexa Pageviews ini
dapat diidentikkan dengan fanatisme (loyalitas) setiap pengunjung
(visitor) website/blog yang kita miliki. Akhirnya kembali kepada konten
blog kita sendiri, seberapa menarikkah website/blog kita sehingga setiap
pengunjung (visitor) bersedia untuk membuka-buka halaman-halaman yang
ada dalam blog kita, yang pada akhirnya akan meningkatkan pageviews blog
kita.
Sebagai tambahan, nilai Alexa rank sebuah domain yang
memiliki banyak sub.domain hanya akan dihitung untuk level domain
utamanya saja, misalkan Yahoo.com dengan begitu banyak sub.domainnya
semacam mail.yahoo.com, search.Yahoo.com, news.Yahoo.com dan
lain-lainnya hanya akan memunculkan nilai Alexa rank milik domain
utamanya yaitu Yahoo.com. Lain halnya dengan situs personal atau blog
yang telah dikenali oleh Alexa sebagai situs personal atau blog, maka
nilai Alexa rank untuk masing-masing subdomainnya adalah berbeda-beda.